PRODUK PINDAD YANG MEMBANGGAKAN

PRODUK PINDAD YANG MEMBANGGAKAN

Pindad (persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bergerak di bidang produksi peralatan militer tercatat terus mengalami peningkatan kualitas dan produktivitas. Dibuktikan dengan kian dikenalnya peralatan tempur produksi anak negeri ini yang berkualitas dunia.

Produk buatan Pindad sejatinya memang sebagian telah lama merambah ke pasar ekspor. Mulai dari amunisi, persenjataan termasuk pistol, senapan laras Panjang, senjata genggam dan kendaraan militer.

Dinasti Informasi : SS2 - Indonesian Assault Rifle

Salah satu produk terbaru Pindad yang belum lama ini diluncurkan adalah mobil kendaraan taktis (rantis) yang diberi nama “Maung”

Berikut deretan produk militer buatan Pindad yang telah mendunia:

1.  Pistol G2 Premium.

Pistol G2 Premium buatan Pindad juga dilirik oleh salah satu negara tetangga. Pistol G2 Premium merupakan pengembangan dari sisi desain dan frame yang berasal dari varian G2 lainnya.

Fitur serta karakter pada G2 Premium sepenuhnya dikembangkan dari umpan balik para pengguna yang telah mengoperasikan varian G2 Combat dan Elite.

Menggunakan amunisi kaliber 9 mm, G2 Premium memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter. G2 Premium merupakan varian teratas dalam keluarga pistol G2.http://pindad

2. Senapan Serbu SS-2

Senapan serbu SS-2 menjadi satu produk buatan Pindad yang laris manis di pasar internasional.

Terdapat delapan varian dari senjata laras panjang seri SS-2 ini, di antaranya SS2-V7 subsonic, SS2-V5, SS2-V4-HB, SS2-V2, SS2-V1, SS2-V4, SS2-V5, SS2-V1 HB, dan SS2-V2 HB. Seri SS-2 tersebut menggunakan amunisi kaliber 5.56 mm.

Baca Juga : PESAN JENDERAL SOEDIRMAN YANG ABADI

Di dalam negeri, lebih dari 25 ribu unit senjata jenis ini digunakan pasukan TNI. Sementara di luar negeri, senapan jenis ini telah masuk ke pasar Asia Tenggara dan Asia Tengah.

Kelebihan senapan SS-2 memiliki akurasi dan tingkat stabil yang mumpuni. Lewat senjata jenis ini juga kontingen Indonesia menang di berbagai kejuaran menembak dunia.

Mereka sanggup menyingkirkan tim-tim dari negara besar lainnya seperti Amerika Serikat. Bahkan membuat tercengang militer negara lain yang menggunakan senjata paling mutakhir.

PRODUK PINDAD YANG MEMBANGGAKAN

Senapan SS-2 sendiri oleh PT Pindad mulai diproduksi pada tahun 2005. Dan langsung masuk dipakai jajaran infanteri Angkatan Darat pada tahun 2006.

Menariknya, setelah diuji coba, SS-2 mempunyai kelemahan dari block amunisinya. Lantas oleh PT Pindad diperbaiki. Tingkat presisi pun tingkatkan.

Hasilnya, senapan SS-2 menjadi senapan yang luar biasa. Tingkat presisinya bikin tercengang. Dalam kompetisi menembak antar institusi militer negara lain, SS-2 memberi bukti keunggulannya.

Senjata SS-2 sendiri masuk kategori senapan serbu. PT Pindad berhasil memperbaiki SS-2, setelah mendapat lisensi dari pembuat pertamanya yakni produsen senjata FN-FNC asal Belgia.

Oleh PT Pindad, beberapa bagian senjata ditambah dan diperbaiki, seperti integral scope rail, grip ergonomis berulir, dan lubang ventilasi untuk menyalurkan panas dalam senapan. Larasnya pun dibuat lebih panjang, sehingga tingkat presisi lebih mumpuni.

Baca Juga : SEJARAH PERANG DUNIA I

3.  Senapan penembak runduk, SPR-2.

Senapan penembak runduk (SPR) 2 juga menjadi magnet bagi negara di Timur Tengah untuk berusaha mendatangkannya.

SPR-2 pernah masuk dalam kategori senjata terbaik saat ekshibisi uji senjata di Jordania. Sehingga, meyakinkan negara-negara di kawasan tersebut untuk mendatangkan senjata asli buatan Indonesia itu.

SPR-2 dapat menembak target dengan jarak 2 kilometer dengan akurasi yang sangat baik. Senapan ini menggunakan peluru dengan kaliber 12,7 x 99 mm.

Dalam satu magasinnya dapat memuat sampai dengan 5 peluru. Senapan ini dapat menggunakan beberapa tipe peluru 12,7 x 99 mm sesuai dengan kebutuhan.

SPR sendiri memiliki tiga varian, yakni SPR-4, SPR-3 Kal. 762 MM, dan SPR-2 Kal. 12,7 MM.

4.  Kendaraan Taktis Komodo (4X4)

Komodo merupakan kendaraan taktis buatan Pindad yang diproduksi dalam empat jenis varian.

Salah satu variannya Komodo 4X4 Missile Launcher. Kualifikasinya dapat meluncurkan rudal mistral yang terpasang di bagian belakang Komodo 4X4 Missile Launcher.

Baca Juga : SERANGAN UMUM 1 MARET DI YOGYAKARTA

Kendaraan jenis ini kerap digunakan sebagai bagian dari pertahanan udara di wilayah militer. Dilengkapi dengan intercom set sebagai alat komunikasi, kendaraan ini mampu mengangkut 4 orang personel di dalamnya.

PRODUK PINDAD YANG MEMBANGGAKAN

5.  Panser Anoa (6X6)

Panser Anoa merupakan produk buatan Pindad yang dinilai paling membanggakan bagi warga negara Indonesia. Pasalnya, Anoa telah digunakan oleh pasukan penjaga perdamaian PBB dalam berbagai misi di daerah konflik.

Panser Anoa juga telah mendapatkan sertifikasi standar internasional NATO STANAG Level 3, yang berarti telah terbukti memiiki kemampuan menahan serangan peluru kinetis pihak musuh.

Panser seri Anoa diproduksi dalam tujuh varian yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, yakni Anoa 6X6 Ambulance, Anoa 6X6 Comand, Anoa 6X6 Logistic, Anoa 6X6 Recovery, Anoa 6X6 Amphibious, Anoa 6X6 APC (Armoured Personnel Carrier) dan Anoa 6X6 Mortar.

Penelitian dan pengembangan terus menerus dilakukan untuk mencapai tujuan masa depan untuk meningkatkan kapasitas bisnis dan teknologi.

Produk penelitian dan pengembangan terbaru yang dilakukan oleh Pindad adalah produk Medium Tank “Harimau” yang bekerja sama dengan FNSS (Turki) serta didukung oleh Kementerian Pertahanan RI.

Sistem ini dilengkapi senjata Turret 105 mm serta mampu melewati berbagai medan pertempuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *